Visitasi LAMDIK

 

A. PROFIL UNIT PENGELOLA PROGRAM STUDI

B. KRITERIA

KRITERIA 2. TATA PAMONG, TATA KELOLA, DAN KERJA SAMA

  1. Statuta UBBG
  2. Standar pelampauan Tata Pamong UBBG
  3. Kebijakan Tata Pamong, Kepemimpinan, Pengelolaan, Penjaminan Mutu, Etika, dan Integritas, UBBG
  4. SOTK
  5. SP3R
  6. Kebijakan Kerja sama
  7. Pedoman Pemilihan Rektor, Dekan dan Ka.Prodi
  8. Laporan sosialisasi SOTK
  9. Laporan Sosialisasi kebijakan Kerja Sama
  10. SOP Tata Pamong
  11. SOP Penyelesaian Pelanggaran Kode Etik Dosen dan Tendik
  12. Renstra Kerja sama
  13. Dokumen tentang etika dosen, etika mahasiswa, etika tenaga kependidikan, sistem penghargaan dan sanksi, serta pedoman dan prosedur layanan
  14. Instrumen penilaian kinerja dosen dan tenaga kependidikan
  15. Struktur organisasi (PS, FKIP, LPM)
    1. PS
    2. FKIP
    3. LPM
  16. SK Dekan dan Wakil Dekan
  17. SK Jabatan struktural di Prodi
  18. SK Pembentukan LPM
  19. SK TIM Mutu (Kepala LPM, SMAF dan PWPM)
  20. Dokumen Komitmen Bersama unsur pimpinan, Program studi, lembaga dan unit di lingkungan FKIP UBBG
  21. Renstra FKIP
  22. Proker FKIP
  23. Laporan EDO setiap smester (dapat diakses)
  24. Kumpulan SK Kepemimpinan Publik setiap dosen Prodi dan pimpinan UPPS
  25. Kerja sama Lokal: a. Kerjasama Bidang Pendidikan: 1) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh 2) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Selatan 3) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar 4) Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Aceh d. Kerjasama Bidang Pengembangan dan Kelembagaan SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll: 1) Dayah Mini Aceh 2) Dinas Pendidikan Provinsi Aceh
  26. Kerja sama Nasional: a. Kerjasama Bidang Pendidikan: 1) Universitas Syiah Kuala 2) STOK Bina Guna Medan 3) Universitas Negeri Padang 4) 2) Universitas Negeri Medan 3) Universitas Syiah Kuala 4) Universitas Guna Dharma 5) Universitas Haji Sumatera Utara b. Kerjasama Bidang Penelitian: 1) Universitas Syiah Kuala 2) Universitas Negeri Padang 3) Universitas Negeri Jakarta 4) Universitas Cendrawasih c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM): 1) Universitas Syiah Kuala 2) Universitas Negeri Padang 3) Universitas Negeri Jakarta 4) Universitas Cendrawasih d. Kerjasama Bidang Pengembangan dan Kelembagaan SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll: 1) Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan 2) Universitas Negeri Padang 3) Irwan Abdullah Scholar Foundation 
  27. Kerja sama Internasional: a. Kerjasama Bidang Pendidikan: 1) Sopravista 2) Fatoni University, Thailand 3) Naruto University of Education, Jepang 4) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika b. Kerjasama Bidang Penelitian: 1) Sopravista 2) Universitas Kebangsaan Malaysia 3) International Cultural Communication Center Malaysia (ICCCM) 4) Internasional Center For Aceh And Indian Ocean Studies (Icaios) 6) Naruto University of Education, Jepang 7) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika c. Kerjasama Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PkM): 1) Sopravista 2) Universitas Kebangsaan Malaysia 3) International Cultural Communication Center Malaysia (ICCCM) 4) Internasional Center For Aceh And Indian Ocean Studies (Icaios) 5) Naruto University of Education, Jepang 6) Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika d. Kerjasama Bidang Pengembangan dan Kelembagaan SDM, Sarana/Prasarana, Publikasi, HKI, Paten, Teknologi Pembelajaran, dll: 1). International Cultural Communication Center Malaysia (Icccm) 2). Pt Huawei Tech Investment 3). Taiwan Education Center 4). Capeu 5). Naruto University Of Education, Jepang 6). Literacy Study Center Of Ohio State University, Amerika 7). Fatoni University, Thailand 8). University Kebangsaan Malaysia 9). Icaios 10). Decra ( Iso) Operates A Quality Management System Which 11). Sopravista
  28. Laporan survey kepuasan mitra terhadap pelaksaan kerja sama
  29. Laporan RTM hasil survey kerja sama
  30. Laporan Survey kepuasan dosen dan tendik terhadap manajemen UBBG
  31. Laporan RTM hasil survey kepuasanan manajemen UBBG
  32. Dokumen kebijakan mutu
  33. Standar mutu SNDIKTI
  34. Manual mutu
  35. Formulir mutu
  36. Laporan AMI
  37. RTM
  38. Laporan external benchmarking dalam peningkatan mutu

KRITERIA 3. MAHASISWA

  1. Dokumen sistem penerimaan/seleksi mahasiswa baru meliputi: (0) Kebijakan penerimaan mahasiswa baru (1) Kriteria penerimaan mahasiswa baru meliputi (a) IPK, (b) nilai TPA, (c) nilai Bahasa Inggris, dan (d) tes bidang keilmuan. (2) Instrumen penerimaam mahasiswa baru (3) Sistem pengambilan keputusan
  2. Laporan sosialisasi kebijakan kemahasiswaan
  3. SOP Sipenmaru
  4. SK Panitia Sipenmaru
  5. Dokumen data program layanan dan pembinaan mahasiswa
  6. Kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan
  7. Laporan pelaksanaan kebijakan dan program layanan bimbingan karir dan informasi kerja untuk mahasiswa dan lulusan
  8. Laporan Hasil Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru
  9. Kumpulan Laporan sipenmaru
  10. Standar Layanan Kemahasiswaan
  11. Laporan Standar Mutu Layanan Mahasiswa
  12. Dokumen data mahasiswa reguler 2 tahun terakhir
  13. Dokumen laporan pelayanan kepada mahasiswa, antara lain: (0) Minat dan bakat (1) Bimbingan konseling (2) Pembinaan softskill (3) Keprofesian (4) Beasiswa (5) Kesehatan
  14. Laporan Survey Kepuasanan MahasiswaTerhadap Layanan kemahasiswaan
  15. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan kemahasiswaan
  16. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana
  17. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana
  18. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran
  19. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap proses pembelajaran
  20. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  21. Laporan RTM hasil survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  22. Laporan kepuasan mahasiswa terhadap dosen, tendik, pengelola dan sarpras (penetapan, instrumen, pelaksaan dan hasil, analisis. tindak lanjut, dan upaya peningkatan)
  23. Panduan/Kebijakan peningkatan Animo Mahasiswa
  24. INSTRUMEN SURVEY KEPUASAN MAHASISWA
  25. Laporan Kegiatan Unit Kemahasiswaan (Birmas)
  26. Laporan Kegiatan Unit Minat, Bakat dan Organisasi Kemahasiswaan 2023
  27. LAPORAN PELAKSANAAN DAN HASIL EVALUASI PENERIMA BEASISWA TAHUN 2023 UBBG
  28. UKT Mahasiswa

KRITERIA 4. SUMBER DAYA MANUSIA

  1. Dokumen sistem pengelolaan sumber daya manusia
  2. Pedoman tertulis tentang rekrutmen, penempatan, pengembangan, retensi, dan pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan (SP3R)
  3. Laporan sosialisasi SP3R
  4. Dokumen sistem monitoring dan evaluasi serta rekam jejak kinerja dosen dan tenaga kependidikan
  5. Dokumen hasil monitoring dan evaluasi dosen dan tenaga kependidikan
  6. Dokumen pengembangan kompetensi dosen dan tenaga kependidikan
  7. Instrumen pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM
  8. Dokumen pelaksanaan pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan
  9. Dokumen tindak lanjut hasil pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap manajemen SDM
  10. Pedoman BKD
  11. Ijazah S1, S2 dan S3 DTPS
  12. SK jabatan Fungsional DTPS
  13. SK Sertifikasi DTPS
  14. Bukti BKD 16 SKS DTS
  15. Bukti Absensi Dosen prodi mengajar sebanyak 15-16 pertemuan
  16. Kumpulan SK Pembimbing Skripsi Rasio 1:6 mhs
  17. Bukti prestasi/kinerja dosen tingkat wilayah/nasional/internasional (≥ 80% DTPS memiliki prestasi sebagaimana ditunjukkan dalam indikator: pembicara kunci, dosen tamu, narasumber, konsultan, editor.
  18. Bukti dosen menjadi keynot speaker pd pertemuan ilmiah tingkt wilayah/nasional/internasional
  19. Bukti dosen menjadi editor jurnal nasional terakreditasi/internasional bereputasi
  20. Bukti dosen menjadi staf ahli/narasumber tingkat wilayah/nasional/internasional
  21. Ijazah Tendik
  22. Sertifikat tendik (pengembangan kompetensi)
  23. Laporan perekrutan dan hasil seleksi penerimaan dosen
  24. Laporan perekrutan dan hasil seleksi penerimaan tendik
  25. Laporan survey kepuasan dosen terhadap manajemen UBBG
  26. Laporan survey kepuasan tendik terhadap manajemen UBBG
  27. Laporan RTM hasil survey kepuasan dosen terhadap manajemen UBBG
  28. Laporan RTM hasil survey kepuasan tendik terhadap manajemen UBBG
  29. Laporan unit kerja fungsional dan pengembangan

KRITERIA 6. PENDIDIKAN

  1. Statuta UBBG
  2. Standar mutu SNDIKTI
  3. Buku panduan kurikulum UBBG
  4. Dokumen kebijakan pengembangan kurikulum
  5. Dokumen analisis dan evaluasi pemutahiran kurikulum
  6. Dokumen bukti kurikulum mendukung kebijakan MBKM
  7. Kurikulum PS (profil lulusan, CPL, bidang kajian, daftar mata kuliah, dan perangkat pembelajaran)
  8. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan kurikulum PS
  9. Dokumen evaluasi peningkatan kualitas kurikulum PS
  10. Bukti keterlibatan berbagai pihak (dosen, mahasiswa, alumni, stakeholder, asosiasi, kesepakatan prodi sejenis) dalam pengembangan kurikulum PS
  11. Laporan kegiatan tenaga ahli/pakar (Sebagai pembicara tamu)
    1. Dr. Asbaruddin, M.Eng
    2. Prof. Dr. Muhammad Hasan, M.Si
    3. Dr. Drs. M. Aryono Adhi, M.Si
    4. Dr. Ir. Aman Yamanm M. Agric. Sc
    5. Prof. Dr. Asep Supena, M.Psi
    6. Assoc. Prof. Andrian Rodger
    7. Prof. Madya. Dr. Roslinda Rosli
    8. Satoshi Kusaka, Ph.D
    9. Maroning Useng, Ph.D
  12. Kumpulan RPS DTPS
  13. Contoh soal ujian dalam satu tahun terakhir untuk lima mata kuliah keahlian berikut RPS
  14. Dokumen pelaksanaan tridarma
  15. Dokumen sistem pengembangan suasana akademik
  16. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan pembalajaran
    1. Opensimka
    2. Spada
  17. Dokumen sistem informasi dalam pengelolaan penelitian dan PkM
  18. Dokumen mekanisme monitoring perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa)
  19. Laporan Penelitian DPTS yang terintegrasi dengan RPS (Pembelajaran)
  20. Laporan PKM DPTS yang terintegrasi dengan RPS (Pembelajaran)
  21. SK Tim monev Pembelajaran setiap smster
  22. Instrumen Monev Pembelajaran
  23. SOP Pelaksanaan Monev
  24. Laporan Hasil Monev pembelajaran PS/UPPS
  25. RTM Hasil Monev pembelajaran
  26. Dokumen panduan penilaian pembelajaran
  27. Dokumen penilaian Pembelajaran (UTS dan UAS)
  28. Dokumen sistem informasi dalam proses penilaian pembelajaran
  29. Dokumen tertulis terkait pembelajaran mikro dan teknis pelaksanaannya
  30. Bukti ketersediaan dan kelayakan prasarna dan sarana dalam pembelajaran mikro
  31. Instrumen penilaian pembelajaran mikro
  32. Buku bimbingan akademik
  33. Bukti bimbingan akademik sebanyak ≥ 3 kali dalam satu semester
  34. Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan akademik.
  35. Buku bimbingan magang
  36. Buku panduan Skripsi
  37. Dokumen sistem informasi dalam proses pembimbingan tugas akhir, skripsi, tesis, dan disertasi.
  38. Laporan Suasana Akademik: . PS menyelenggarakan kegiatan akademik di dalam dan di luar kelas (seperti kuliah umum, kuliah pakar, kuliah praktisi, seminar, konferensi, lokakarya, pelatihan, FGD, bedah buku, kunjungan lapangan dan pertukaran mahasiswa). Kegiatan akademik di luar kelas diselenggarakan sebanyak ≥ 3 kali dalam 1 semester.
  39. Laporan kegiatan akademik diluar perkuliahan yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS. (Lihat DKPS)
  40. Laporan kegiatan dosen tamu dan tenaga ahli yang dilaksanakan PS dalam satu semester (genap/ganjil) pada TS.
  41. Instrumen survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik
  42. Instrumen kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran
  43. Instrumen survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  44. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap dosen
  45. Laporan kepuasan mahasiswa terhadap sarana dan prasarana pembelajaran
  46. Laporan survey kepuasan mahasiswa terhadap layanan administrasi akademik

KRITERIA 9. KELUARAN DAN CAPAIAN TRIDHARMA

  1. Kebijakan Mutu
  2. Standar Mutu
  3. Manual mutu UBBG
  4. Formulir mutu UBBG
  5. Laporan Sosialisasi 4 kebijakan mutu
  6. Laporan AMI
  7. Laporan RTM
  8. Data prestasi (juara 1, juara 2, juaran 3, harapan 1) mahasiswa dalam 3 tahun terakhir
  9. Dokumen bukti prestasi mahasiswa
  10. Data mahasiswa yang diterima dan lulus sesuai yang tertulis pada LED
  11. Dokumen sistem informasi terkait kelulusan tepat waktu dan keberhasilan studi
  12. Instrumen pelacakan lulusan
  13. Dokumen sistem informasi dalam kegiatan pelacakan lulusan
  14. Data hasil pelacakan lulusan berdasarkan tingkat relevansi pekerjaan sesuai yang tertulis pada LED
  15. Instrumen survei kepuasan pengguna lulusan
  16. Dokumen tindak lanjut yang dilakukan UPPS/PS sesuai jenis kemampuan dan tingkat kepuasan pengguna.
  17. Artikel ilmiah (rekapitulasi judul dan dokumen artikel/tautan) yang jumlahnya tertulis dalam LED
  18. Dokumen sitasi publikasi ilmiah
  19. Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang diadopsi masyarakat
  20. Dokumen bukti adopsi
  21. Rekapitulasi produk atau jasa DTPS dan/atau mahasiswa yang ber-HKI atau Paten
  22. Dokumen bukti adopsi yang sah (dikeluarkan oleh Meneri Hukum dan HAM atau pihak lain yang berwenang)
  23. Artikel dosen di jurnal nasional ber-ISSN
  24. Artikel dosen di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN
  25. Artikel dosen di jurnal internasional
  26. Artikel dosen dalam prosiding seminar internasional
  27. Pameran/pagelaran dosen tingkat lokal/wilayah/perguruan tinggi
  28. Pameran/pagelaran dosen tingkat nasional
  29. Artikel mahasiswa di jurnal nasional ber-ISSN
  30. Artikel mahasiswa di jurnal nasional terakreditasi Kemdikbud/Ristek-BRIN
  31. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar lokal/perguruan tinggi
  32. Artikel mahasiswa dalam prosiding seminar internasional
  33. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat lokal/wilayah/perguruan tinggi
  34. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat nasional
  35. Pameran/pagelaran mahasiswa tingkat Internasional

C. ANALISIS PERMASALAHAN DAN PENGEMBANGAN PROGRAM STUDI

Klik di sini untuk mempelajari lebih jauh

  1. Laporan ECK
  2. RTM
  3. Analisis SWOT
  4. RIP PS
  5. Renstra PS
  6. RENOP PS 2023
  7. Laporan ketercapaian RENOP PS 2023

“Bangun Negeri, Bijakkan Bangsa”